Header Ads

Membuat Rundown Program Acara Radio dan TV

Rundown Siaran

Rundown siaran untuk sebuah program baik radio maupun televisi, menjadi acuan utama untuk berjalannya sebuah program acara yang disiarkan.

Rundown berisi tentang urut urutan rincian acara. Mulai dari opening (pembukaan) kemudian isi acara, hingga closing. Lebih detail lagi, dalam rundown juga dicatat durasi dan waktunya (menit ke…., detik ke..).

Rundown ini biasanya dibuat oleh produser program, kemudian disampaikan kepada PD (Program Director) dan Floor Director (FD).

Selain memuat urut urutan acara dan konten apa yang disajikan dalam menit tertentu saat acara berlangsung, rundown juga memuat bagian bagian dimana stasiun penyiaran (TV atau Radio) harus menayangkan iklan.

Biasanya untuk program dengan durasi 30 menit, terdiri dari 3 segment dengan 2 slot iklan. Dengan durasi 3 menit untuk masing slot iklan. 

Sehingga untuk 30 menit program biasanya 24 menit untuk program acara dan 6 menit untuk iklan atau promo.

Sedangkan untuk program dengan durasi 60 menit, biasanya terdiri dari 5 segment dengan 4 slot iklan.

Contoh Rundown Sederhana Program Acara

Nama Program                :
Edisi / Episode                 :
Tanggal                            :
Durasi                              :
Pembawa Acara              :
Produser                         :
Eksekutif Produser          :

No
Segment
Waktu
Durasi
Subyek
Obyek
Dari
Hingga
1
Segment I
00.00
00.20
20 detik
Tape
Jinggle / Stasiun id
2
00.20
00.45
15 detik
Tape
Bumper Program
3
00.45
01.05
20 detik
Pembawa Acara
Opening Program
4
dst.
dst.
dst.
dst.
dst.
5
08.00
08.15
15 detik
Tape
Bumper out Program
6

08.15
11.15
3 menit
Slot Iklan 1
Iklan/ promo / dll
7
Segment II
11.15
11.30
15 detik
Tape
Bumper In Program
8





9





10





dst.
dst.
dst.
dst.
dst.
dst.
dst.

Lebih kurangnya seperti itu.

==============Maaf tulisannya jelek ============
Diberdayakan oleh Blogger.